Page 7 : Kesimpulan

Memilih GPU Bekas sesuai budget

Hardware bekas terkadang bisa memiliki performa yang bisa setara atau bahkan diatas barang new/baru pada harga yang sama sehingga kelebihan hardware bekas yang paling menonjol adalah selalu dari sisi performance/price atau value yang baik membuatnya worth untuk dimiliki. Apalagi GPU yang pada saat artikel ini dibuat, mengalami kelangkaan stok serta harga meroket ( VGA mid-end harganya menggila men :v ) sehingga GPU bekas mungkin bisa menjadi alternatif bagi para enthusiast, PC Builder dan juga para gamer yang membutuhkan GPU dengan harga yang reasonable dan waras.

Namun sebelum langsung terjun ke internet dan toko lokal mencari hardware bekas, berikut tips memilih GPU bekas ala Hexatekno :

  1. Telitilah membeli dan cari yang sesuai dengan budget

Jangan terlalu terburu-buru, telitilah barang yang hendak dibeli dan janganlah mencari melebihi budget dan kemampuan pribadi, ingat bahwa makan juga butuh uang dan jangan sampai terlilit hutang sana-sini

  1. Banyak berdoa

Jangan lupa berdoa supaya bisa menemukan best deal dan tidak kedahuluan orang (percayalah, saya sudah mengalami and the pain is real)

  1. Ketika menemukan berbagai opsi pada harga yang sama, lihatlah review dari beberapa sumber supaya yakin mengenai performa yang ditawarkan.

Penamaan GPU dapat membingungkan, jangan andalkan insting, lihatlkah review supaya lebih yakin dengan pilihan dan lebih baik apabila tidak dari satu sumber saja tapi dari beberapa sumber terpercaya seperti hexatekno.com sehingga informasi yang didapatkan mengenai suatu hardware tidak hanya sepotong-sepotong dan lengkap misalkan performa gaming, konsumsi daya, suhu operasi dsb.

  1. Tanyakan pada seller bagaimana kondisi penggunaan hardware

GPU bekas artinya pernah ada yang memiliki (udah jangan baper :v ). Tanyakan bagaimana penggunaan hardware misalkan disuplai dengan PSU abal-abal yang lebih murah dari harga casing PC-nya atau menggunakan PSU yang jelas dengan kualitas bagus atau apakah GPU tersebut bekas mining atau penggunaan biasa.

  1. Perhatikan baik-baik kondisi hardware tersebut

Hardware bekas artinya pernah digunakan. Akan lebih baik apabila mencermati baik-baik kondisi barang. Bertanyalah pada seller seperti mengenai garansi, kondisi, dan kekurangan hardware.

  1. Bertanya pada ahlinya

Ada baiknya ketika sangat kebingungan menanyakan opsi/pilihan hardware kepada orang-orang yang tahu mengenai hardware PC bukan asal bertanya di grup bocah atau fansboy buta sehingga bisa mendapatkan pertimbangan serta pilihan yang terbaik

  1. Jangan mudah tergiur harga yang murah

Terkadang harga yang terlalu murah patut dicurigai (bukan berarti pasti menipu namun ada baiknya berhati-hati, better safe than sorry). Terkadang bisa bertanya di forum atau grup apakah seller bermasalah atau mungkin punya riwayat menipu atau bersih dan malah terkenal sebagai recseller. Usahakan pula menggunakan rekber untuk mengurangi resiko penipuan.

  1. Test Hardware

Usahakan ketika GPU sudah ditangan, langsung lakukan pengecekan fisik kemudian lakukan pengetesan seperti benchmark maupun gunakan untuk bermain game. Beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti suhu dan juga performanya. Apabila sudah merasa nyaman, selamat anda telah menemukan hardware yang tepat. Namun apabila hardware terasa bermasalah mungkin bisa menghubungi kembali seller untuk mengurus permasalahan tersebut.

  1. Hardware bekas overclocking belum tentu rusak dan menjadi jelek

Hardware yang dioverclock, apabila masih dalam batas wajar, seharusnya masih memiliki durabilitas yang cukup oke. Vendor saja terkadang menjual hardware yang sudah dioverclock dari pabrik, mengapa manual overclocking yang masih dalam batas wajar merusak? :v

Sekian tips dari hexatekno, nantikan serial artikel hardware bekas hanya di hexatekno.com .

 

 

Comments