TAIPEI, Taiwan, 31 Juli 2017 — Generasi terbaru high-end desktop diperkenalkan dengan platform AMD X399 bersamaan dengan prosesor Ryzen™ Threadripper™, CPU dengan pilihan hingga 16 core dan 32 thread yang menghadirkan performa desktop mengesankan. Prosesor dengan SocketTR4 tersebut memerlukan motherboard baru dan ASUS telah siap dengan tiga produk inovatif. Dibuat untuk power user, gaming enthusiast dan prosumer, lini baru motherboard Republic of Gamers (ROG) dan ASUS X399 memperlihatkan pengalaman puluhan tahun dari ASUS dalam menyempurnakan seluruh aspek teknologi motherboard.

Seluruh motherboard X399 memiliki DNA yang sama, antara lain peningkatan pada overclocking pintar dengan satu sentuhan, pengendalian pendingin, konektivitas canggih  dan pencahayaan RGB. Meski demikian, setiap motherboard juga menawarkan hal yang berbeda. ROG Zenith Extreme hadirkan CPU Threadripper untuk PC kelas atas, dilengkapi dengan custom liquid cooling dan dukungan jaringan 10 Gbps. Dengan ROG Strix X399-E Gaming, hardcore gamer bisa membangun PC keren dan kekuatan komputasi yang mendukung untuk streaming berkualitas tinggi. Lalu ada Prime X399-A yang hadir menampilkan sisi profesional dari platform yang fenomenal ini.

Motherboard X399 apa yang tepat untuk Anda? Silahkan lihat panduannya di EdgeUp ASUS.

ASUS ROG Zenith Extreme

Ryzen Kian Ganas

Terdapat dua jenis platform desktop CPU. Jenis mainstream dengan 2 hingga 8 core, cocok untuk gaming dan penggunaan umum. Jenis high-end berada setingkat di atas, dengan jumlah core, memory channel, dan bandwidth lebih besar untuk kartu grafis dan media penyimpanan. Pilihan upgrade yang sangat pantas dipertimbangkan. Platform high-end desktop ini menarik bagi power user, pembuat konten, gaming enthusiast dan prosumer yang ingin meleburkan batasan antara desktop dan workstation. Untuk itulah hadirnya CPU Threadripper dari AMD yang merupakan produk terbaru dari divisi dekstop ini.

Dengan pilihan hingga 16 core dan 32 thread pada Threadripper, dua kali lipat kemampuan komputasi CPU sebelumya. Kehebatan Threadripper ini siap melahap tugas berat seperti pengeditan video yang kompleks, 3D rendering, gaming dan multitasking, dengan dukungan memori DDR4 128 GB pada sebuah motherboard.

Bandwidth pada prosesor ini berlimpah. Tersedia PCI Express® 3.0 sebanyak 64 lane, 60 di antaranya tersedia untuk kartu grafis, SSD NVMe®, dan perangkat lainnya. Kebanyakan prosesor high-end desktop berhenti di situ, tapi tidak dengan Threadripper. Tersedia banyak I/O pada Threadripper dengan delapan port USB 3.1 Gen 1 yang tidak perlu berbagi bandwidth interkonektivitas dengan chipset X399. Port USB tambahan tersedia melalui chipset, sekaligus hingga enam port SATA dan PCIe® 2.0 lane untuk perangkat lain seperti jaringan.

Setiap motherboard X399 ASUS disiapkan dengan sedikit perbedaan seperti terlihat pada spesifikasi lengkap. Berikut adalah ringkasan pilihan motherboard Threadripper dari ASUS.

ASUS Prime X399-A

Kaya Fitur, Penyempurnaan Melebihi Ekspetasi

Seluruh motherboard X399 ASUS menyediakan opsi overclocking dan pendingin yang lengkap, tersedia baik melalui UEFI maupun software. Mulai dari 5-Way Optimization yang secara cerdas melakukan overclock dan setting pendingin berdasarkan karakteristik tiap komponen. Bahkan para pemula dapat dengan mudah mengoptimalkan keseluruhan PC hanya dengan satu klik, sedangkan pengguna berpengalaman bisa mengatur lebih detil sesuai kebutuhan.

Penyempurnaan juga berlanjut pada tampilan dengan tema monokrom yang menjadi pondasi sempurna untuk merakit PC, atau opsi lebih gemerlap dengan efek pencahayaan RGB. Motherboard ASUS Prime X399 dilengkapi dengan beberapa header untuk LED strip yang bisa menerangi seluruh PC case. Model ROG hadir dengan header untuk addressable LED strip. Setiap titik LED dalam addressable LED strip bisa dikontrol secara independen, sehingga membuka jalan untuk penampilan dan efek yang lebih canggih. Keduanya merupakan bagian dari ekosistem produk Aura Sync yang dapat melakukan sinkronisasi warna dan efek cahaya pada PC secara keseluruhan, mulai dari motherboard dan kartu grafis hingga perangkat dan komponen lainnya.

Kehebatan prosesor Threadripper idealnya dipadukan dengan liquid cooling, motherboard ASUS X399 menyediakan semua untuk kebutuhan liquid cooling ini. Motherboard ASUS X399 menyediakan header khusus untuk pendingin all-in-one dan pompa air sehingga Anda bisa melakukan pemasangan dengan cepat dan mudah. Model ASUS ROG dilengkapi header untuk memonitor temperatur dan aliran cairan pendingin. Zenith Extreme dilengkapi dengan satu header tambahan yang disiapkan untuk custom monoblock. ASUS FanXpert kini bisa mengatur kecepatan setiap kipas berdasarkan input paling panas dari beragam sensor yang bisa dikonfigurasi, termasuk temperature GPU pada kartu grafis yang didukung.

Bandwidth adalah daya tarik Threadripper. Sedemikian banyaknya jumlah PCI Express lane siap mendukung multi kartu grafis high-end yang dibutuhkan untuk pengalaman VR dan gaming terbaik. Seluruh motherboard ASUS X399 mendukung three-way SLI dan CrossFireX, bahkan Zenith Extreme bisa menampung kartu grafis keempat untuk memecahkan rekor benchmark atau tambahan komputasi. Untuk melindungi investasi, SafeSlot memperkuat slot kartu grafis dari kerusakan akibat bobot pendingin GPU yang semakin berat.

Threadripper memiliki PCIe berlimpah untuk sekaligus terhubung dengan beberapa SSD NVMe secara langsung ke CPU. Namun, ketersediaan slot M.2 yang banyak belumlah cukup. SSD  yang cepat bisa memanas saat bekerja dengan beban berat, menyebabkan penurunan performa di saat paling dibutuhkan. Untuk meningkatkan kinerja pendinginan, M.2 di seluruh motherboard ASUS X399 dilengkapi dengan heatsink, atau diposisikan sedemikian rupa agar berada di jalur aliran udara. Selain itu, motherboard ASUS X399 juga menyediakan port U.2 untuk menghubungkan SSD NVMe menggunakan kabel yang biasa digunakan datacenter.

Dengan begitu banyaknya bandwidth pada platform ini, motherboard ASUS X399 juga telah menyediakan konektivitas ultra-cepat. Untuk perangkat eksternal, port USB 3.1 Gen 2 menyediakan kecepatan hingga 10 Gbps dengan beragam pilihan: Type-A, Type-C, dan panel depan. Jaringan Gigabit menggunakan chip Intel yang andal. ROG Zenith Extreme ditambahkan dukungan fungsi jaringan 10G Ethernet dan modul nirkabel 802.11ad.

Motherboard generasi baru ini menggunakan on-board audio terkini, seperti Realtek® S1220 series codec dipasangkan dengan amplifier dan komponen premium yang menghasilkan suara sejernih kristal yang mengesankan. Audio ROG Zenith Extreme setingkat lebih tinggi, dengan ESS® Sabre 9018Q2C DAC, menawarkan audio yang mampu menandingi kualitas sound card. Kedua motherboard ROG tersebut dilengkapi dengan software Sonic Studio III dan Sonic Radar III serta dukungan Sonic Studio Link yang memungkinkan suara virtual surround dan efek lainnya saat digunakan dengan VR headset HTC Vive™ atau Oculus Rift™.

Comments