Terdengar gila? Itulah yang ada di benak kami saat mendengar berita terbaru dari Intel dan AMD. Intel dan AMD bersatu mendesain prosesor dengan CPU Intel Core dan GPU AMD Radeon custom.

AMD dan Intel mengkonfirmasikan dalam rilis berita terbaru mereka bahwa chip AMD-Intel ini akan dihadirkan sebagai Intel Core generasi 8 seri-H. Mereka juga mengkonfirmasi dalam rilisnya bahwa prosesor ini akan dijejali pula dengan HBM2.

Desain ini merupakan eksekusi dari rancangan EMIB (Embedded Multi-die Interconnect Bridge) milik Intel. Sebuah jembatan yang memungkinkan berbagai chip silikon yang berbeda agar dapat saling berkomunikasi. EMIB menghilangkan kompleksitas desain yang diperlukan untuk membangun system-on-chip (SoC) dengan berbagai komponen berbeda.

Untuk desain manajemen daya, Intel mendesain driver unik khusus untuk GPU Radeon custom ini. Intel mengklaim driver ini mampu mengatur suhu, suplai daya, dan performa secara real-time. Driver ini juga diklaim mampu menyeimbangkan kebutuhan daya antara CPU dan GPU.

Intel menyasar pasar content creator dan high-end mobile PC untuk prosesor yang satu ini. Prosesor Intel Core generasi 8 dengan AMD Radeon ini akan dirilis pada kuartal pertama 2018. Tertarik untuk melihat kemampuannya?

Comments