Page 2 : Arsitektur dan Fitur AMD Ryzen

Arsitektur AMD Ryzen

AMD Ryzen menggunakan konfigurasi CCX, di mana satu chip terdiri atas dua core complex. Satu core complex memiliki 4 core yang berkomunikasi dengan core complex lainnya melalui Infinity Fabric. Infinity Fabric ini juga menjadi interface bagi prosesor untuk berkomunikasi dengan L3 cache pada CPU dan memori RAM pada sistem.

Ryzen Core Complex (CCX)

Clock pada Infinity Fabric terikat dengan clock RAM pada sistem dengan perbandingan 1:2. Artinya, ketika pengguna melakukan overclocking RAM, secara tidak langsung pengguna juga melakukan overclocking pada Infinity Fabric. Secara teori, hal ini berarti menaikkan kecepatan akses core ke L3 cache, mempercepat komunikasi antar CCX, dan memperkecil latensi dari CPU ke RAM.

RAM berjalan pada 3333 MHz (2×1666 MHz, karena DDR double data rate) dan NB frequency (Infinity Fabric) berjalan pada 1666 MHz.

Fitur Overclocking Ryzen

Fitur overclocking pada Ryzen tersedia pada seluruh lini prosesor Ryzen. Namun apabila pengguna melakukan overclocking CPU, fitur terkait power saving dan manajemen daya internal prosesor akan secara otomatis dimatikan. Hal ini mengakibatkan prosesor yang dioverclock CPUnya menjadi selalu bekerja pada clock dan voltase yang diinginkan oleh pengguna. AMD menamakannya sebagai Ryzen Overclocking Mode. Bagi anda yang ingin membaca lebih mengenai Ryzen Overclocking Mode dapat mendownload PDF dari AMD.

Seluruh lini Ryzen memiliki multiplier yang tidak dikunci!

Apakah peningkatan clock Infinity Fabric melalui overclocking pada RAM akan memberikan peningkatan performa yang signifikan dibandingkan overclocking CPU? Apa metode overclock pada Ryzen yang paling efisien dari segi daya dan suhu?

Comments