Baru baru ini dalam sebuah perbincangan antara pihak Microsoft yang diwakili oleh Larry Hyrb dan AMD yang diwakilkan oleh Antal Tungler yang ditayangkan secara live di channel resmi Xbox, mereka berdua membahas mengenai teknologi variable refresh rate (VRR) yang mana akan hadir pada produk konsol Xbox.

Kehadiran teknologi VRR ini menandakan bahwasanya teknologi FreeSync kepunyaan AMD akan mulai disematkan di konsol buatan Microsoft tersebut, mengingat Xbox menggunakan VGA buatan AMD. Microsoft berharap dengan hadirnya teknologi AMD FreeSync di Xbox dapat meningkatkan pangsa pasar Xbox dibanding kompetitornya.

Teknologi AMD FreeSync 2 + HDR ini kabarnya akan hadir pada Xbox One X dan Xbox One S. Namun Teknologi AMD FreeSync ini saat ini baru tersedia bagi pengguna Xbox Insider fast ring. Selain itu bagi pengguna Xbox One generasi pertama juga akan mendapat dukungan FreeSync.

Teknologi FreeSync ini dapat memungkinkan game konsol tidak lagi terkunci pada 30 fps / 60 fps dan pengguna dapat memainkan game konsol dengan fps yang lebih bervariasi. Kemudian jika dipadukan dengan monitor yang mendukung FreeSync maka pengguna akan mendapatkan peningkatan pengalaman bermain dengan lebih nyaman.

Source : TechPowerUp

Comments