GPU berjejer digunakan untuk mining

Pada pameran Computex Taipei 2018 kali ini, Hexatekno menemui satu hal yang cukup menarik secara keseluruhan, yaitu menemui cukup banyak vendor hardware yang mempromosikan hardwarenya sebagai alat mining cryptocurrency. Kata mining atau cryptocurrency mungkin terdengar cukup familiar sebab booming yang terjadi beberapa waktu yang lalu cukup membuat kehebohan di dunia PC karena menyebabkan meroketnya harga GPU.

Meskipun harga Bitcoin sudah turun cukup jauh ( sekitar 105 juta rupiah per bitcoin saat artikel ini ditulis ) dibandingkan saat puncak-puncaknya ( lebih dari 200 juta rupiah per bitcoin), namun masih cukup banyak vendor hardware yang terlihat mempromosikan hardware untuk mining cryptocurrency.

Walau berfokus pada teknologi blockchain yang sebenarnya tidak hanya digunakan pada cryptocurrency mining saja ( salah satu contohnya digunakan pada bidang agrikultur meskipun masih dalam tahap penelitian ), namun hampir semua vendor hardware yang mempromosikan hardwarenya untuk teknologi blockchain menampilkan kemampuan mining-nya serta tidak ditemukan satupun vendor yang menunjukkan penggunaan hardware tersebut selain melakukan mining cryptocurrency. Kemungkinan disebabkan karena mining merupakan hal yang paling mudah ditunjukkan.

Berikut penampakan mining rig ataupun peralatan mining yang lain di berbagai booth di Taipei Nangang Exhibition Hall pada Computex 2018 :

 

ASRock
ASUS
Biostar
Casing Mining Rig Colorful
GPU mining Colorful
Motherboard mining Colorful
FSP
Inno3D, namun tidak menyala
Manli
MSI
Sapphire
Powercolor
Casing Mining Zumax
Penampakan apabila diisi penuh, Casing Zumax
PSU Mining Zumax

Sekian berita dari Hexatekno, update terus berita seputar Computex Taipei 2018 hanya di hexatekno.com

 

Comments