Intro

Ray Tracing

Beberapa bulan lalu kita dikejutkan dengan adanya fitur Real Time Ray Tracing pada GPU Nvidia serta didukung oleh Microsoft sehingga memunculkan persepsi bahwa real time ray tracing adalah sesuatu yang eksklusif pada GPU nvidia saja, namun pada kenyataannya tidaklah demikian.

Dari repository github sampel atau contoh dari DirectX12 Microsoft, terdapat beberapa sample untuk melihat kemampuan API DX12 seperti HDR, multithreading dan sebagainya. Salah satu yang menarik diantaranya adalah demo untuk Real Time Ray Tracing. Inilah yang akan dibahas pada artikel kali ini. Real Time Ray Tracing dijalankan pada hardware tanpa akselerasi dari RT Core.

Kerap beberapa orang bertanya, apakah Real Time Ray Tracing berjalan pada engine yang tidak memiliki RT Core? Jawabannya adalah sebenarnya bisa. Seperti pada DX12, terdapat paling tidak dua metode untuk melakukan Real Time Ray Tracing, yaitu dengan menggunakan Fallback Layer dan DirectX Raytracing.

Apa perbedaan keduanya? Metode yang disebut-sebut directx raytracing nampaknya merupakan ray tracing yang support untuk digunakan dengan akselerasi hardware untuk ray tracing sehingga hardware yang tidak support untuk akselerasi pada ray tracing terpaksa harus menggunakan Fallback Layer, yang merupakan versi software yang meniru ray tracing dari DirectX Raytracing (DXR) API pada hardware maupun driver yang tidak memiliki native support pada DXR dengan melakukan komputasi shader sehingga pastikan GPU yang digunakan memiliki support Shader Model setidaknya versi 6.0 (dapat dicek pada situs techpowerup).

Sumber : https://www.anandtech.com/show/12547/expanding-directx-12-microsoft-announces-directx-raytracing

Karena menggunakan hardware yang tidak memiliki support DXR, maka kita menggunakan Fallback Layer untuk mencicipi sedikit demo Ray Tracing pada DirectX 12 alias berjalan pada software tanpa akselerasi hardware.

System Requirement yang tertera

Spesifikasi singkat laptop yang digunakan untuk pengujian :

  • Processor : i5-8250u
  • GPU : Nvidia MX 150 dan Intel UHD 620
  • RAM : 16GB DDR4
  • SSD : Sandisk M.2 120GB
  • Windows 10 1809, build 17763

Comments