Logo mata uang digital “libra”. (dok. internet)

Masih membekas jelas, ingatan tentang bitcoin yang menghebohkan dunia. Bitcoin yang digadang-gadang merupakan alat pembayaran masa depan mendapat antusiasme tinggi dari masyarakat. Kucuran dana terus mengalir dan menyebabkan harga bitcoin menanjak tinggi. Namun, semua tak berlangsung lama, kejatuhan harga di penghujung tahun 2018, membuat bitcoin ditinggalkan oleh masyarakat.

Namun demikian, konsep bitcoin sepertinya jauh dari kata mati. Pagi ini, facebook bersama 27 partner lainnya meluncurkan “libra“, mata uang digital yang ditenagai teknologi blockchain, serupa dengan bitcoin. Namun berbeda dengan bitcoin, mata uang ini dijamin dengan aset dunia nyata seperti mata uang dollar, atau emas. Hal tersebut membuat fluktuasi nilai libra dapat dijaga.

Libra rencananya akan mulai beroperasi pada kuartal pertama 2020. Namun demikian, bagi developer yang tertarik untuk mengenal maupun mencoba teknologi yang digunakannya, dapat mengunduh source code-nya via github. Dengan digunakannya teknologi blockchain, libra memiliki beberapa fitur yang pantas diperhitungkan, mulai dari keamanan yang tinggi, mendukung smart contract hingga akses bagi siapa saja yang terhubung dengan internet.

Dengan dukungan perusahaan besar seperti Facebook, Paypal, dan Visa serta digunakannya aset dunia nyata untuk menjamin nilainya, libra terlihat memiliki masa depan cerah. Namun, bagaimana menurut pembaca? Apakah libra akan sukses merevolusi dunia keuangan atau akan berakhir dengan kegagalan?

Comments