Ilustasi akhir dukungan terhadap windows 7. (doc. internet)

Selasa, 14 Januari 2020 Microsoft secara resmi menghentikan dukungan terhadap windows 7. Langkah ini bukanlah hal yang aneh, mengingkat umur dari windows 7 sendiri bisa dikatakan telah uzur. OS yang pertama kali dirilis pada 22 Juli 2009 ini telah menemani kita selama lebih dari satu dekade.

Jika kita tengok ke belakang, Windows 7 bagaikan seven heaven bagi microsoft. Setelah Windows Vista gagal mencuri perhatian publik, Windows 7 yang datang dengan penyempurnaan di sana sini, disambut baik oleh penikmat Windows. Pada masa keemasannya Windows 7 sendiri berhasil meraih market share sebesaar 60% persen dari total OS windows yang aktif. (gs.statcounter.com)

Namun layaknya buah simalakama, kesuksesan windows 7 sendiri tampaknya berbuntut panjang. Hal ini terbukti, setelah satu dekade hadir, publik nampaknya susah move on dari Windows 7. Tawaran OS baru, seperti Windows 8 dan Windows 10 nyatanya tak digubris oleh sebagian besar pengguna. Bahkan, untuk mencuri hati pengguna Windows 7, microsoft menawarkan upgrade gratis ke Windows 10 bagi pengguna Windows 7.

Langkah ini dirasa cukup berhasil, namun nyatanya belum cukup. Hingga detik ini, pengguna Windows 7 masih sangatlah Banyak. Dari data yang ada, market share dari Windows 7 sendiri sebesar 26,7 persen dari seluruh OS windows yang aktif. (gs.statcounter.com) Atau jika kita gambarkan secara sederhana, satu per-empat OS windows yang aktif masih menggunakan Windows 7.

Hal tersebut tentulah amat membahayakan pengguna, di mana Windows 7 sendiri tidak akan mendapatkan update keamanan apapun dari microsoft sehingga rentan terhadap berbagai macam virus dan program berbahaya. Microsoft sendiri memberikan opsi untuk memperpanjang service update keamanan. Namun demikian, harga yang ditawarkan sendiri lebih ditujukan untuk perusahaan dan bukan perorangan.

Jadi apakah pembaca sekalian masih menggunakan windows 7? Atau sudah siapkan untuk beralih ke windows 10?

Comments