Ilustrasi prosessor intel comet lake. (doc. internet)

Beberapa tahun terakhir bukanlah tahun yang manis untuk produsen prosessor kelas dunia intel. Perlahan namun pasti pangsa pasar yang mereka kuasai, baik desktop, server hingga mobile mulai digerogoti saingan terdekatnya, AMD. Lisa Su, CEO dari AMD mengatakan bahwa selama 10 quartal terakhir, AMD berhasil menigkatkan market sharenya secara terus menerus. Bahkan di pasar prosessor kelas atas (High End PC) AMD berhasil menguasai 50% dari market share yang ada. (pcgamer.com)

Hal ini sebenarnya bukanlah sesuatu yang mengejutkan. Setelah berjaya selama bertahun-tahun dengan mengandalkan lini prosessor i-series, intel terasa berhenti berkembang. Ketika kompetitor menyerang dengan peningkatan jumlah core, intel masih santai dengan konfigurasi corenya yang tergolong “mini”. Pun ketika AMD sudah beralih ke fabrikasi 7nm, intel masih saja bertahan dengan teknologi lawas 14nm yang sudah cenderung usang. Dengan harga miring, plus performa amazing, tak heran jika AMD perlahan namun pasti merebut tahta dari Intel.

Namun, kudeta AMD masih jauh dari kata usai. Seolah mulai panas dengan pergerakan AMD, intel pun menyiapkan senjata baru yang tergolong ampuh untuk memerangi laju pertumbuhan AMD.

Perkenalkan, Intel Comet Lake

Walau secara teknis Intel Comet Lake masih mengandalkan arsitektur Skylake yang dirilis 5 tahun lalu. Namun, intel tak setengah-setengah dalam mem-push arsitektur lawas ini. Selain meningkatkan jumlah core maksimal hingga 10 core/ 20 thread, mengaktifkan hypretreading di semua seri, menggunakan board dengan chipset baru hingga memingkatkan boost clock hingga 5,3 Ghz. Bisa jadi comet lake merupakan wujud paling optimal dari arsitektur Skylake.

Fitur Baru Intel Komet Lake (doc. internet)

Akan ada 32 SKU dari intel comet lake, dan enam diantaranya merupakan unlocked version

Harga dan Performa

Perbandingan harga Comet Lake vs Ryzen (doc. wccftech.com)

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, di mana intel menempatkan prosessornya dengan harga yang jauh lebih tinggi dibandingkan AMD, prosessor comet lake sendiri menempatkan harga tak jauh beda dari kompetitor, terutama untuk prosessor kelas menengah.

Namun demikian, jika kita lihat lebih dekat peluncuran intel comet lake sendiri berada di posisi yang unik. Di mana menurut rumor yang ada, enam bulan lagi kita bisa melihat perwujutan dari intel Rocket Lake yang akan akan meninggalkan arsitektur Skylake dan beralih ke arsitektur Sunny Cove yang baru.

Jadi bagaimana menurut pembaca, siap belanja prosessor baru atau menunggu Rocket Lake? Atau justru sudah pindah ke kubu seberang?

Comments