Logo TSMC (dok. internet)

Dewasa ini perkembangan teknologi semakin beralih dari general computing menjadi spesial computing. Hal tersebut paling terlihat di ranah prosessor komputer. Pada zaman dahulu, general purpose proseesor ditambah peningkatan performa tiap tahun sudah dirasa cukup. Maka, walau akan selalu ada efisiensi yang terbuang, namun akan tertutup oleh peningkatan performa yang ada. Namun demikian, semakin lama produsen semakin menyadari bahwa untuk memiliki keunggulan kompetitif mereka harus membuat costum prosessor untuk produk mereka. Sehingga produk mereka bisa berjalan se-efisien dan se-powerfull mungkin

Hal itulah yang telah lama disadari oleh Apple. Sudah se-abad lebih Apple mendesain sendiri prosessor untuk iPhone. Hal itu membuat hardware dan software dapat bekerja sama dan meningkatkan efisiensi dan efektifitas produk secara signifikan. Maka tak heran, ketika lini Mac dengan prosessor ARM pertama dirilis, hal tersebut langsung mengguncang jagat per-IT- an dengan performa yang memang patut diacungi jempol.

Langkah untuk mendesain prosessor sendiri pun pada akhirnya diikuti oleh perusahaan lain mulai dari Google, Huawei bahkan Microsoft. Namun demikian, sebagian besar raksasa teknologi pun tidak memiliki kapasitas untuk memproduksi prosessor sendiri, dikarenakan biaya RnD yang tinggi. Oleh karena itu mereka menyerahkan proses produksi massal desain prosessor mereka ke pihak ke 3. Jika kita lihat di lapangan, perusahaan yang paling unggul dalam proses produksi prosessor saat ini adalah TSMC. Namun demikian, kabar buruk bagi perusahaan yang ingin menyerahkan proses produksinya ke TSMC.

Dikutip dari CnBeta, Apple sendiri saat ini sudah menguasai 80% kapasitas produksi 5nm TSMC untuk tahun 2021. Hal itu tentunya merupakan kabar buruk bagi perusahaan lain karena dalam bidang produksi, tidak ada yang lebih ungul dari TSMC saat ini. Kabar ini sendiri wajar mengingat Apple memang saat ini mengubah seluruh portofolio produksinya ke ARM.

Proses produksi 5nm sendiri merupakan yang paling canggih di TSMC. Dan para perusahaan lain yang ingin menggunakan jasa TSMC berarti harus berebut 20% sisa kapasitas atau menyerah dan menggunakan proses produksi yang lebih uzur, seperti 7nm yang tentunya akan menurunkan keunggulan produk mereka.

Comments