Ilustrasi NVIDIA GeForce RTX 3080. (dok. internet)

Kurang lebih sudah 3 bulan berlalu sejak NVIDIA merilis varian GeForce RTX 30 series. Dengan price to performance yang lebih oke dibandingkan generasi sebelumnya, tak heran bahwa GeForce RTX 30 series menjadi primadona baru di kalangan gamer. Namun demikian, kabar kurang baik datang dari NVIDIA CFO Colette Kress. Ia mengatakan bahwa NVIDIA sedang mengalami masalah kelangkaan komponen, sehingga belum bisa memenuhi semua permintaan RTX 30 series.

“Kita memiliki masalah komponen dan masalah itu lebih kompleks daripada sekedar masalah pasokan wafer ataupun silicon” ujar Kress dalam acara the Credit Suisse 24th Annual Technology Conference.

Selain masalah kompunen, NVIDIA juga memperingatkan terkait masalah logistik. Di mana mereka juga harus berkompetisi dengan perusahaan farmasi untuk mendistribusikan vaksin corona. Belum lagi para miner, di mana harga crptocurrency di saat pandemi mengalami kenaikan yang signifikan. Bisa jadi mereka akan memburu komputer mining baru dan RTX 30 series tentulah pilihan yang menggiurkan.

Dari fakta-fakta di atas, tidak mengherankan jika dalam beberapa bulan ke depan masalah kelangkaan RTX 30 Series sepertinya jauh dari kata selesai. NVIDIA sendiri optimis bahwa mereka akan bisa menemukan jalan keluar dari permasalahan ini dan akan membagi info lebih lanjut pada Januari mendatang.

 

Comments