Ilustrasi Tata Cahaya di Cyberpunk 2077. (dok. internet)

Dewasa ini masalah aksesibilitas game bagi para saudara kita yang memiliki kebutuhan khusus semakin lama semakin diperhatikan. Developer pun membuat berbagai macam pengaturan guna mengakomodir hal tersebut. Salah satunya di game The Last Of Us Part 2 yang memiliki kurang lebih 60 setting aksesibilitas berbeda. Setting tersebut membuat orang yang memiliki masalah penglihatan ataupun motorik dapat bermain dengan lebih nyaman. CD Project Red, developer dari game super populer The Witcher 3 sendiri tidak ketinggalan dalam tren tersenut. Mereka telah menerapkan beberapa setting aksesibiltas pada game The Witcher 3. Salah satunya adalah pengaturan jenis font untuk mengakomodir orang dengan gangguan penglihatan.

Namun demikian, CD Project Red sendiri baru-baru ini mendapatkan kritik tekait fitur aksesibilitas pada game terbarunya, Cyberpunk 2077. Kritik tersebut berasal dari gamer yang memiliki gangguan epilepsi. Penyakit epilesi sendiri merupakan penyakit gangguan kelistrikan syaraf yang menyebabkan penderitanya mengalami kejang. Kejang tersebut terjadi secara acak, namun seringkali dipicu oleh cahaya berkedip ataupun pola kontras gelap dan terang.

Cyberpunk 2077 sebagai game yang memiliki latar kota di masa depan tentu memiliki banyak detail lampu dan tata cahaya yang berkedip-kedip. Menurut Liana Ruppert Associate Editor dari Game Informer banyak area di game ini yang memicu kambuhnya epilepsi ringan hingga berat.

“Banyak area di game ini yang memicu epilepsi ringan, namun demikian ada bagian di mana salah satu karakter diberikan sebuah alat yang ketika dipakai akan memuat pola cahaya merah dan putih yang berkedip. Hal tersebut secara kebetulan sama dengan apa yang biasa dipakai oleh dokter ketika ingin memicu kejang untuk kebutuhan diagnosis.” ujarnya.

CD Projek Red sendiri merespon cepat dan mengatakan akan memberikan peringatan tambahan bagi penderi epilepsi. Selain hal tersebut, mereka akan mencari solusi permanen yang dapat membuat penderita epilepsi bermain dengan lebih nyaman.

Comments