Ilustrasi Google Lool to Speak. (dok. wccftech)

Dewasa ini perhatian perusahaan terkait kemudahan pengguna bagi orang-orang berkebutuhan khusus semakin meningkat. Setelah Naughty Dog dan CD Project Red yang menyuntikkan setting aksesibilitas di gamenya, kini Google selaku produsen sistem operasi Android tak ingin ketinggalan.

Baru-baru ini Google merilis aplikasi Google Look to Speak via Play Store. Aplikasi ini sendiri memungkinkan kita untuk mengontrol smartphone kita menggunakan mata. Gagasan untuk mengontrol komputer menggunakan mata sendiri bukanlah hal baru, namun demikian masuknya google ke dalam ranah ini tentunya merupakan hal yang positif, di mana jika aplikasi ini terbukti bermanfaat, google tentu dapat mengimplementasikannya sebagai fitur standart di Android dan akhirnya dapat dinikmati lebih banyak orang.

Saat ini Google Look to Speak dapat digunakan untuk menulis, memilih kata, mengencangkan volume, mematikan alarm, serta mengubah pilihan kata default. Fitur-fitur ini sendiri masih terbatas namun ke depannya Google akan menambahkan fitur-fitur baru sesuai masukan pengguna.

Comments