Harga PS 5 di Indonesia. (dok. internet)

Pandemi corona telah menggerus berbagai lini bisnis di seluruh dunia, tak terkecuali di industri games. Pandemi corona yang memaksa berbagai negara melakukan pembatasan sosial hingga lockdown tentu saja berimbas pada perekonomian dunia. Penghasilan masyarakat yang berkurang pada akhirnya berimbas pada penurunan daya beli masyarakat.

Oleh sebab itu, tak heran bahwa banyak orang yang beranggapan bahwa harga konsol next gen terbaru PS5 dan XBOX Series X telah disesuaikan agar masih bisa dijangkau oleh konsumen di kala pandemi seperti saat ini. Namun demikian, untuk PS 5 hal itu nyatanya tidaklah benar. Dalam interviewnya bersama EDGE, Sony Interactive Entertainment president and CEO Jim Ryan mengatakan bahwa harga Playstation 5 telah ditentukan jauh sebelum pandemi, dan ketika pandemi menyerang pun Sony tidak mengubah harga PS 5.

“Harga PS 5 sudah kami tentukan jauh sebelum pandemi dan lockdown diberlakukan, dan ketika pandemi menyerang kami tidak mengubah harganya.” ujar Ryan

Lebih lanjut ia mejelaskan bahwa harga $399 merupakan harga yang sama saat peluncuran PS 4. Merilis PS 5 dan PS 4 dengan harga yang sama merupakan hal yang penting bagi perusahaan.

“Pada tahun 2013, kami merilis PS 4 dengan harga $399, oleh karena itu meluncurkankan PS 5 beserta semua fiturnya di harga yang sama merupakan sesuatu yang penting untuk kami, dan saya rasa harga $399 berhasil dengan baik.” imbuh Ryan

Memang tidak dapat dipungkiri bahwa penempatan harga PS 5 di $399 membantu keberhasilan Sony yang menjadikan PS 5 sebagai rilis konsol Playstation tersukses sepanjang sejarah. Namun tentu saja banyak faktor lain yang ikut di dalamnya, salah satunya adalah game exclusive PS 5 yang memang terhitung solid.

 

 

Comments