Ilustrasi Microsoft dan ARM (dok. internet)

Belum lama, Apple mengumumkan lini Mac dengan chip berbasis ARM. Walau sempat diragukan, namun berdasar review yang beredar membuktikan bahwa nyatanya lini Mac ini sangatlah mumpuni. Performa dari produk tersebut berani diadu dengan prosessor Intel yang memiliki basis 8 core, plus baterai yang mampu hidup kebih lama. Hal tersebut membuat perusahaan teknologi lain sadar bahwa mungkin ARM merupakan “The Next Big Thing”.

Berdasarkan informasi dari bloomberg,Microsoft saat ini tengah berusaha mendesain chip ARM buatan sendiri. Chip ini nantinya digunakan untuk menggantikan lini server yang saat ini masih bergantung pada Intel. Arsitektur ARM sendiri memang terkenal hemat daya yang tujuan akhitnya dapat mengurangi cost dari bisnis server microsoft. Jika kita lihat, Intel sendiri masih mendominasi pasar server dengan market share sekitar 90%. Berita ini tentu saja memukul saham Intel yang saat berita ini ditulis turun 6,3%. Langkah serupa telah dilakukan oleh rival utama Microsoft, yaitu Amazon. Amazon mengatakan bahwa mereka dapat menawarkan harga yang lebih rendah setelah berpindah ke ARM, dan akan menyediakan lebih banyak server berbasis ARM.

Ketika dikonfirmasi, juru bicara Microsoft, Frank Shaw tidak membantah maupun mengiyakan pemberitaan tersebut

“Karena Prosessor merupakan hal yang amat penting bagi kami, maka kami berupaya untuk terus berinovasi di berbagai area, baik desain maupun produksi. Selain hal itu, kami juga akan terus memperkuat kerjasama dengan partner-partner kami.” ujarnya

Selain Server, Microsoft sendiri juga dikabarakan akan membawa desain chip buatannya ke lini Surface. Di mana sebagaian besar lini Microsoft Surface saat ini berjalan di atas platform x86. Microsoft sendiri saat ini telah memiliki lini Surface yang berbasis ARM, yaitu Surface X. Namun demikian, kurangnya optimalisasi software di perangkat tersebut menjadikan Surface X sekedar barang mahal dengan kemampuan di bawah standart. Semoga saja dengan seriusnya Microsoft berinvestasi di platform ARM dapat menjadikan performa ARM di Surface berikutnya menjadi lebih baik.

Comments