Tampilan Corsair 4000D Airflow

Berikut overview lengkap dari Corsair 4000D Airflow ini. Unit yang kami dapatkan adalah varian dengan warna putih. Selain warna putih, Corsair 4000D Airflow ini juga tersedia dalam warna hitam. Casing ini menggunakan tempered glass sebagai penutup sebagian sisi samping. Corsair 4000D Airflow memiliki tampilan yang simple dan elegan. Sangat cocok buat kalian yang menginginkan tampilan PC yang terlihat bersih (Clean).

Corsair 4000D Airflow

Terlihat, warna putih memang cukup dominan di bagian yang banyak terlihat dari casing ini, yaitu di sisi depan, kiri, kanan, dan atas. Sementara sisi bawah, belakang, dan di beberapa bagian menggunakan warna abu-abu.

Side Panel Tempered Glass

Tempered glass diberikan Corsair untuk side panel kiri. Tempered glass untuk side panel kiri casing memiliki bracket di bagian samping dengan mekanisme mounting di dekat sudut kiri. Bracket panel tersebut memiliki mekanisme penahan khusus yang memungkinkan side panel tidak langsung terlepas dari casing saat baut pengunci dikendorkan.

Baut Side Panel Anti ilang

Baut side panel pada casing ini tidak akan terlepas se-utuh nya saat sudah di kendorkan, dengan begini masalah hilangnya baut side panel akan terhindarkan.

Dust Filter Bagian Atas

Terdapat lubang ventilasi fan di side panel atas, yang dilapisi dengan dust filter berwarna abu-abu. Dust filter ini dapat dilepas dengan mudah bila ingin membersihkanya.

Tinggal di angkat membersihkan jadi semakin mudah

Selain itu, terdapat juga dust filter di area ventilasi untuk PSU. Melepas nya juga sangat mudah tinggal menarik pada bagian tuas nya.

Dust Filter PSU
Dust Filter PSU dengan mudah dibersihkan

Pada bagian depan Corsair memberikan lubang ventilasi Fan intake di panel depan dengan bahan Plat Metal yang terlihat sangat kokoh dan solid. tidak lupa pula dilapisi dengan dust filter di sisi dalam. Corsair tampaknya mendesain casing ini dengan arah airflow fixed, di mana intake dari kipas di area depan dan kipas PSU, dan output dari belakang dan atas.

Tampilan Bagian Depan
Besi Depan Bisa di Lepas

Sementara untuk Plat Metal di sisi depan casing dapat di lepas dengan mudah, dengan cara menariknya perlahan, terdapat empat buah pengunci.

Pengunci Plat Metal Depan
Mudah di Bersihkan

Dust filter di bagian dalam ini juga dapat di lepas pasang dengan mudah. tinggal menekan tuas bagian atas kemudian menariknya keluar.

Dust Filter Fan Depan
Dust Filter Fan Depan bisa di Lepas
Mudah di Bersihkan

Beralih ke sisi dalam casing, Corsair 4000D Airflow memiliki interior yang cukup lega dan segala fitur kabel management agar sistem terlihat rapi.

Interior Bagian Dalam

Corsair menyertakan dua buah fan untuk Corsair 4000D Airflow ini. Satu kipas terpasang di tempat mounting kipas di sisi belakang. Sementara untuk sisanya terdapat di sisi depan.

Lubang untuk mengakses backplate sistem pendingin, dengan ukuran cukup besar, terdapat di tray motherboard dari Corsair 4000D Airflow ini. Beberapa lubang untuk menempatkan standoff baut mounting motherboard tersedia di tray motherboard ini. Lubang-lubang yang ada sudah disesuaikan posisinya untuk menampung motherboard sesuai dengan yang didukung casing ini, yaitu ATX, Micro ATX, dan Mini-ITX.

Pada bagian sisi depan kalian dapat menambahkan Fan case 120mm hingga 3 buah, atau sebuah radiator besar dengan ukuran hingga 360mm.

Slot Fan Bagian Depan

Pada sisi ventilasi bagian atas kalian bisa menambahkan 2 buah fan case ukuran 120mm atau 2 buah fan case ukuran 140mm. Kalian juga bisa memasangkan sebuah radiator ukuran 240mm hingga 280mm di bagian atas ini.

Slot Fan Bagian Atas (Ventilasi Atas)

Untuk bagian belakang, terdapat sebuah slot fan ukuran 120mm yang dapat di gunakan sebagai lubang Fan Exhaust (mengarahkan angin panas keluar).

Sebuah Fan 120mm Exhaust

Terdapat beberapa lubang untuk cable management. Sepintas, bila dilihat dari sisi kiri, kita tidak bisa melihat lubang cable management untuk kabel-kabel dari PSU, karena tertutup oleh cable bar berwarna putih. Lubang-lubang cable management di casing ini memang tidak dilengkapi dengan rubber grommet, tetapi hal itu tidak jadi masalah karena posisi lubang-lubang tersebut yang cukup tertutup membuat lubang kabel tidak mudah terlihat.

Kabel tak Terlihat
PSU Cover Hal Wajib
Slot Ekspansi Melimpah

Di sisi belakang tray motherboard, Corsair memberikan fitur kabel management yang sangat proper. Terlihat di sekeliling lubang untuk akses ke sisi belakang motherboard, terdapat bracket untuk membantu cable management. Corsair bahkan sudah menyertakan 3 buah velcro strap untuk membantu merapikan kabel.

Kabel Management Rapi
Velcro Strap Membantu Merapikan Kabel

Terlihat Corsair menempatkan dua buah bracket untuk memasang storage 2.5″.

2 Buah Slot Storage 2.5”

Di bawah tray motherboard, terdapat ruang untuk PSU dan storage 3.5″. Sebuah bracket khusus digunakan untuk memasang storage 3.5″ ke casing ini, dengan kapasitas maksimal 2 buah HDD 3.5″. Pengguna juga bisa memanfaatkan bracket tersebut untuk menampung 2 buah storage 2.5″, karena di bagian dasar bracket terdapat lubang baut yang sesuai dengan posisi baut di storage 2.5″. Bracket ini bisa juga dilepas bila tidak dibutuhkan untuk memungkinkan penggunaan PSU dengan panjang di atas 180 mm.

2 Buah Slot Storage 3.5”
Slot PSU

Untuk front panel, Corsair menempatkannya di sisi atas. Terdapat tombol power, tombol reset, satu port USB 3.1 Type A, satu port USB 3.1 Type C, serta audio combo di area ini.

Tombol Front Panel
Kebel Front Panel
Kabel Audio Front Panel
Kabel USB Type-C Front Panel
Kabel USB 3.1 Front Panel

Contents

Comments