Halo sobat, kali ini kami akan memperkenalkan 10 jajaran kamera terbaik berdasarkan kategorinya, so pantengin terus sampai bawah :

 

  1. Kategori DSLR Entry Level Terbaik : Sony A68

Kamera ini memiliki sensor CMOS APS-C Exmor dengan resolusi 24.2 megapixel dan memiliki rentang ISO 100-25.600. LCD yang dibenamkan pada kamera ini sebesar 2,7” dengan kerapatan 460K dot. Sistem 4D FOCUS yang dimilikinya menggunakan 79 titik dedicated phase detection dengan 15 cross points. Kamera ini dapat melakukan proses fokusing dengan akurat dalam kondisi low light hingga -2EV serta AF tracking yang konstan di 8fps. Bagi yang gemar merekam video, kamera ini dibekali resolusi full HD dengan format XAVC-S yang memiliki bitrate 50Mbps. Selain itu kamera ini memiliki continuous autofocus dengan focus tracking yang cukup akurat. Untuk pengguna video, kamera Sony A68 dapat merekam full HD dalam format XAVC-S dengan bit rate hingga 50Mbps dan continuous autofocus dengan focus tracking yang akurat. Proses autofocus yang akurat memang menjadi kelebihan untuk kamera dengan sistem SLT seperti Sony A68 ini yang menjadikannya kamera terbaik untuk entry level (pemula).

 

  1. Kategori DSLR APS-C Expert Terbaik : Nikon D500

Kamera Nikon crop sensor ini menggunakan sensor CMOS dengan prosesor Expeed 5 dan dibekali resolusi sebesar 20.9 megapixel. Dari sisi LCD, kamera ini dibekali LCD TFT touchscreen yang dapat dilipat sebesar 3,2”. Rentang ISO yang dimiliki 100-51.200. Kamera ini dapat melakukan shoot baik dengan AF maupun AE hingga 10fps dengan sistem buffer yang memungkinkan hingga 79 file RAW. Kamera ini dapat merekam foto baik dalam format SD Card maupun XQD. Dalam dapur pacu rekaman video, D500 dapat merekam format 4K UHD hingga 30p.

 

  1. Kategori DSLR Full Frame Expert Terbaik : Pentax K-1

Kamera ini merupakan kamera DSLR full frame pertama dari pentax. Tak tanggung-tanggung, pentax telah menyelipkan fitur waterproof dan dust sealed pada kamera ini. Sensor yang digunakan pentax K-1 ini adalah CMOS dengan resolusi 35,4 megapixel. Selain itu, kamera ini dibekali dengan sistem Pixel Shift Resolution dari Ricoh yang dapat digunakan untuk meredam distorsi warna. Kamera ini dibekali fitur stabilizer bernama shift image stabilization 5 axis sebuah optical viewfinder dengan coverage hampir 100%, dan memiliki 33 titik autofokus dengan 25 titik cross-type. LCD yang dibenamkan pada kamera ini juga cukup besar, yaitu 3,2” dengan kerapatan 1.04M-dot.

 

  1. Kategori DSLR Profesional Action Terbaik : Nikon D5

Berbekal processor expeed 5 khas nikon, kamera ini memiliki resolusi 20,8 megapixel dengan rentang ISO cukup besar, yaitu mulai dari 100-102.400. So bagi yang suka motret gelap-gelapan jangan khawatir apabila membawa kamera ini, bahkan dalam kondisi hingga EV -4 sekalipun. LCD kamera ini sebesar 3,2” dengan kerapatan 2,36M-dot. Kamera ini juga dapat menjalankan shoot hingga 12fps dengan buffer yang dapat merekam 200 frame file dengan format RAW 14-bit. Selain itu juga dapat menghasilkan foto dengan noise yang sangat kecil dengan video berformat 4K UHD. Kamera ini juga dilengkapi dengan modul sensor multi-CAM 20k AF dengan dibenamkan 153 titik fokus dengan 99 cross-type.

 

  1. Kategori DSLR Profesional Hi Res Terbaik : Canon EOS 5DS / 5DSR

Kamera ini memiliki sensor CMOS dengan dibekali resolusi yang cukup besar, yaitu 50,6 megapixel dengan rentang ISO 100-6.400. LCD kamera ini sebesar 3.0” dengan kerapatan 1.04M-dot. Dual Digic 6 menjadi pilihan processor yang dibenamkan pada kamera ini. Kualitas rekaman kamera ini tak perlu diragukan lagi, karena dapat merekam video Full HD di 30fps. Dari segi autofokus, kamera ini membenamkan 61 point autofokus module dengan inputan 150.000 pixel metering sensor.

 

  1. Kategori Photo / Video Profesional Terbaik : Canon EOS-1DX Mark II

Dengan dibekali sensor fullframe CMOS terbaru, kamera ini memiliki resolusi 20,2 megapixel dengan rentang ISO 100-51.200. Akurasi dan kecepatan autofokus juga telah ditingkatkan dengan sistem AI Servo II+ dengan dibekali 61 titik autofokus dan 41 cross-type sensor. Selain kualitas foto yang memukau, dari segi perekaman video pun juga tak kalah hebat. Pasalnya, kamera ini dapat merekam video dengan resolusi 4K dalam 60fps, dan dalam resolusi Full HD mampu merekam hingga 120 fps. Kamera ini dibekali LCD sebesar 3,2” dengan kerapatan 1,62M-dot.

 

  1. Kategori Mirrorless Entry Level Terbaik : Fujifilm X-T10

Fujifilm X series yang terkenal dengan berlimpah fitur canggihnya, kamera fujifilm dengan seri X-T10 ini merupakan pilihan utama baik bagi para hobiist ataupun fotografer kreatif yang ingin mendapat kualitas gambar yang memukau dengan harga relatif terjangkau dan pilihan lensa yang cukup beragam. Kamera ini memiliki LCD sebesar 3” dengan kerapatan 920k-dot. Dibekali sensor X-Trans CMOS II dengan resolusi 16 megapixel, kamera ini memiliki rentang ISO 200-6.400. Dari segi dapur pacu, kamera ini membenamkan processor EXR Processor II. Dari penampakan body nya, fujifilm tetap konsisten dengan tema klasik dan elegannya, ditambah dengan penggunaan magnesium alloy sebagai bahan body-nya membuat kamera ini terlihat semakin menawan. Dari segi kualitas rekaman video, kamera ini dapat merekam video full HD dalam 60fps. Fitur menarik lain dari kamera ini adalah built in WiFi, dimana kita dapat mengontrol kamera ini menggunakan smartphone.

 

  1. Kategori Mirrorless Advanced Terbaik : Olympus OM-D E-M10 Mark II

Kamera ini memiliki sensor Live MOS dengan resolusi 16,1mp dan memiliki rentang ISO 100-25.600. Processor yang dipilih olympus untuk dibenamkan pada kamera ini adalah TruePic VII. Selain itu, pada bagian body, kamera ini dilengkapi dengan fitur image stabillization untuk mendapatkan hasil jepretan terbaik walaupun terkena guncangan. Dibekali LCD sebesar 3” dengan kerapatan 1.04M-dot dan LCD yang dapat diputar, fotografer tak perlu khawatir apabila akan mengambil gambar dari angle yang ekstrim. Dari dapur pacu rekaman video, kamera ini dapat merekam video full HD dalam 60fps.

 

  1. Kategori Mirrorless Expert Terbaik : Fujifilm X-Pro2

Kamera berbentuk unik dan klasik ini memiliki teknologi advanced hybrid multi viewfinder yang memungkinkan pengguna dapat berpindah dari optical dan elektronik viewfinder. Berbekal sensor X-Trans CMOS III dengan resolusi 24,3 megapixel, kamera ini memiliki rentang ISO 200-12.800. Fitur lain yang cukup menarik dari kamera ini adalah body yang sudah splash dan dust resistant dengan lebih dari 61 titik weather sealing, dimana kamera ini dapat digunakan pada kondisi kondisi yang cukup ekstrim. Dari kualitas rekaman video, kamera ini dapat merekam video full HD pada 60fps dengan bitrate 36Mbps. Sayangnya kamera ini memiliki LCD yang tidak dapat diputar (fixed) sebesar 3” dengan kerapatan 1,62M-dot.

 

  1. Kategori Mirrorless Profesional Terbaik : Sony A7R II

Sesuai kategorinya, walaupun memiliki body yang terbilang “mungil”, kamera ini termasuk ke dalam kategori kamera profesional. Terbukti dengan dibenamkannya sensor full frame Exmor CMOS, dengan resolusi 42,4 megapixel, kamera ini juga memiliki rentang ISO 100-25.600. Di dalam body juga telah dibenamkan fitur image stabillization untuk menahan getaran saat memotret. Kamera ini menggunakan sistem autofokus dengan 399 on-sensor phase detection point dan 25 contrast detection point yang memungkinkan shooting 5fps baik di mode AF ataupun AE. Dari segi rekaman video, kamera ini dapat merekam video full HD di 60fps. Terbuat dari body magnesium alloy, membuat kamera ini menjadi lebih kokoh dan menawan.

Comments