Page 1 : Apa itu AMD Ryzen Master?

Sekilas mengenai AMD Ryzen Master, merupakan software dari AMD yang bisa digunakan untuk memonitor keadaan processor seperti suhu, kecepatan processor dan tiap core nya, lalu pengaturan kecepatan processor, voltase/tegangan dari processor, SOC,dan RAM, dan masih banyak lagi. Fitur-fitur yang terdapat dalam AMD Ryzen Master ini cukup banyak sehingga terlalu panjang untuk dibahas satu-persatu. Jadi pada artikel ini yang akan sedikit dibahas dan digunakan  untuk overclocking processor adalah Core Voltage dan Core Speed serta Temperature untuk memonitor suhu processor.

Core Voltage merupakan tegangan untuk processor dan Core Speed merupakan kecepatan dari processor itu sendiri yang bisa dinaikkan setiap 25MHz. Mungkin ada yang merasa aneh karena tidak seperti processor Intel K-Series pada platform Skylake dan Kabylake, yang hanya bisa dinaikkan setiap 100MHz, Ryzen R7 1700 yang digunakan pada artikel ini bisa dinaikkan setiap 25MHz sehingga processor bisa di-fine-tune (diatur halus) dan bisa dipilih kecepatan optimal dari processor dengan lebih akurat. Sementara untuk tegangan processor atau Core Voltage sendiri dapat dinaikkan setiap 0.0625V.

Tak lupa juga pada Ryzen Master tersedia tempat untuk menyimpan 4 profil setting sehingga berbagai macam setting bisa disimpan pada salah satu dari 4 profil tersebut hanya dengan meng-klik tombol save profile. Maka tanpa banyak basa-basi lagi, langsung dicoba saja!!

Comments