Page 4 : Uji Suhu dan Konsumsi Daya

Default

Pada keadaan default, Ryzen 5 1400 memiliki suhu idle sebesar 30°C dan ketika dilakukan stress test atau load test menggunakan Prime95, suhu hanya mencapai 48°C saja.

Untuk konsumsi daya, pada keadaan idle seluruh sistem (kecuali monitor) mengonsumsi daya sebesar 59W dan ketika processor diberikan stress test, sistem mengonsumsi daya sebesar 112W. Ingat bahwa pada CPU stress test, GPU tidak terbebani (jelas namanya saja CPU stress test bukan GPU stress test (‘-‘ ) ) sehingga 112W bukanlah konsumsi daya ketika seluruh sistem terbebani.

3.9GHz @1.4V

Setelah dioverclock, processor memiliki suhu idle sebesar 32°C dan ketika dilakukan stress test atau load test menggunakan Prime95, suhu mencapai 71°C yang sudah termasuk cukup panas namun masih batas wajar.

 

Overclocking sudah pasti akan meningkatkan konsumsi daya, namun seberapakah peningkatannya. Daya yang dikonsumsi sistem pada keadaan idle mencapai 66W dan ketika stress test mencapai 160W.

Bisa dilihat bahwa sistem mengalami peningkatan sekitar 48W ketika mengoverclock CPU ke 3.9GHz. Namun apakah berarti mengoverclock hanya membuat sistem berubah fungsi menjadi pemanas ruangan saja? Ataukah terdapat peningkatan performa yang cukup tinggi? Mari lihat hasil benchmarknya.

 

Comments