Adata XPG DDR5-12600

Adata akhirnya merilis RAM DDR5 terbaru mereka saat gelaran acara Adata Innovation Xtreme secara live streaming beberapa waktu lalu. Pada gelaran acara ini ADATA meluncurkan beberapa produk terbaru mereka seperti RAM, SSD, dan berbagai macam gaming equipment. Kami cukup tertarik dengan produk memori DDR5 terbaru mereka pada jajaran seri memori XPG, yang terkenal kencang dengan dukungan kemampuan overclocking.

ADATA disini membagi menjadi dua kategori pada produk memori DDR5 mereka. Kategori pertama diperuntukan konsumen entry-level, DDR5 versi ini akan menawarkan kecepatan hingga 8400 MT/s, membuat memori DDR5 terbaru ini 164% lebih cepat dari memori DDR4 yang ada. Modul tersebut beroperasi pada voltase yang cukup kecil 1.1V dan mempunyai kapasitas hingga 64 GB.


Kemudian kategori berikutnya adalah seri memori XPG. kategori ini memang diperuntukan untuk para enthusiast dan overclocker. Pada seri XPG ini pihak ADATA menjanjikan kecepatan transfer DDR5 mencapai 12600 MT/s, nantinya kapasitas yang tersedia hingga 64GB. Voltase yang digunakan pada seri XPG ini beroperasi di antara 1.1V-1.6V. Selain itu, chip memori XPG ini sudah terdapat dukungan ECC on-die.

ADATA XPG juga menampilkan desain heatspreder yang akan digunakan pada seri XPG. Heatspreder tersebut memiliki tampilan yang cukup elegant, tidak lupa pula Adata XPG juga menjejalkan varian RGB dan non-RGB. Hingga saat artikel ini ditulis belum ada informasi kapan modul kit ini akan tersedia di pasar Indonesia. Menurut tebakan kami modul kit DDR5 ini akan rilis di paruh kedua tahun 2021. Bagi kalian yang ingin mengetahui tentang produk-produk terbaru dari Adata kalian bisa simak video launching berikut ini.

Comments