Intro

 

Berbagai macam CPU Cooler dipasaran

Setelah menulis guide memilih GPU bekas, kali ini Hexatekno kembali menulis guide hardware bekas lagi. Mengapa seken/bekas? Karena dengan harga yang sama, terkadang barang bekas bisa memberikan performa lebih daripada barang new / baru asalkan bisa mencari dan memilih dengan bijak.

Nah, kali ini Hexatekno akan berbagi guide untuk mencari CPU Cooler bekas. CPU Cooler atau pendingin CPU digunakan pada PC untuk mendinginkan CPU.

Dalam merakit PC, CPU cooler terkadang diremehkan dan seringkali dilupakan. Memangnya kenapa CPU cooler penting sehingga perlu menyisihkan budget untuk repot-repot membeli dan memasangnya.

Singkatnya, CPU atau processor ketika bekerja (diberi beban/load) akan memakan listrik dan menghasilkan panas sebagai efek sampingnya. Apabila panas ini tidak “dilepaskan” maka akan “menumpuk” pada processor sehingga menyebabkan processor terlalu panas dan kemudian thermalthrottling atau bahkan kasus terburuknya merusak processor. Sehingga diperlukan suatu “pelepas panas” dari processor yaitu CPU Cooler.

Ada banyak CPU Cooler aftermarket dipasaran, tapi mengapa mencari yang bekas? Karena dengan harga yang murah, performa yang didapatkan bisa dikatakan sangat baik terutama bila menemukan best deal di FJB ataupun situs-situs jualan lainnya.

Apakah tidak beresiko apabila membeli CPU Cooler bekas? Semua ada resikonya, bahkan membeli CPU Cooler new/baru pun memiliki resiko cacat pabrik atau seperti AIO Watercooler memiliki resiko bocor. Yang terpenting adalah pandai-pandai memilih hardware bekas sehingga meminimalisir resiko barang jelek, rusak atau defect.

Tanpa berlama-lama lagi, langsung saja cari barangnya…

Comments