Akhirnya Google telah resmi mengumukan hadirnya smartphone terbaru mereka dalam event Google I/O 2023 hari  Kamis 11 Mei 2023 dini hari WIB kemarin. Dalam gelaran event tahunan tersebut, Google memperkenalkan smartphone Google Pixel 7a, Google Fold, dan Google Tablet.

Pixel 7A

Pixel 7A

Pertama kita bahas Google Pixel 7A terlebih dahulu, Google membanderol harga Pixel 7a di US dari USD 499 (Rp 7,3jt-an) status available bisa di beli. Melihat harga nya yang cukup terjangkau di banding sang kakak Pixel 7. Google pixel 7a ini tetap di benamkan spesifikasi hardware yang tidak kalah dari sang kakak pixel 7 yang sudah rilis sebelumnya.

Google pixel 7a juga menggunakan chipset Tensor G2 dan chip keamanan Titan M2, pada bagian layar Pixel 7a memakai OLED Full HD+ berukuran 6,1 inci Gorilla Glass 3 dengan refresh rate 90Hz. Kinerja tidak perlu di ragukan, chip Tensor G2 di Pixel 7a dikombinasikan penggunaan memori RAM LPDDR5 8GB, memori UFS 3.1 berkapasitas 128GB.

Buat para penggemar fotografi, Google membenamkan dua buah kamera di bodi belakang ponsel dengan lensa utama sebesar 64MP dengan sensor lebih besar dari generasi sebelumnya. Tidak lupa terdapat lensa ultra-wide berukuran 13MP dengan sudut pengambilan 120 derajat, dan autofokus Dual Pixel. Pada bagian kamera depan mengggunakan lensa 13MP. Klaim dari Google, kamera belakang Pixel 7a dapat melakukan recording hingga resolusi video 5K60fps. Lalu pada kamera depan bahkan mampu record video hingga resolusi 4K30fps.

Pada sektor baterai Google Pixel 7a berkapasitas 4.385 mAh, sudah terdapat fitur quickcharge 18W dan wireless charging. Tentu nya Pixel 7a juga sudah support penggunaan sinyal 5G sub-6GHz dan mmWave, dan sensor fingerprint via layar.

Warna yang tersedia

Untuk bagian eksterior Pixel 7a mengkombinasikan material plastik dan logam, Untungnya seri Google Pixel 7a ini sudah memiliki sertifikasi IP67. Ponsel ini di pastikan memiliki durability yang tangguh dari debu dan air. Untuk ketersediaan varian warna, Google Pixel 7a akan tersedia dalam tiga varian warna, yakni Charcoal, Sea dan Snow.

Pixel Fold

Yang kedua kita bahas Google Pixel Fold, disini Google juga ikut membuat ponsel lipat seperti milik Samsung Galaxy Z. Disini Google membuat ponsel lipat yang lebih compact dan slim di banding produsen lainya. Galaxy fold di sini memiliki Ukuran 139,7 x 79,5 x 12,1 mm saat dilipat, dan 139,7 x 158,7 x 5,8 mm saat terbuka, dengan berat yang cukup ringan 283g. Pixel fold juga sudah memiliki sertifikasi IPX8 untuk durability dari air.

Pixel Fold

Pada sektor bagian Layar, disini layar luar menggunakan panel OLED size 5,8 inch dengan resolusi 1080×2092, dengan perlindungan Gorilla Glass Victus. Rasio layar ini 17,4:9, refresh rate 120 Hz, support HDR dan brightness mencapai 1.550 nits. Untuk layar dalam juga menggunakan panel OLED size 7,6 inch dan penggunaan rasio 6:5. resolusi 2208×1840, kecepatan refresh 120 Hz, kecerahan maksimum 1.450 nits dan terlindungi Ultra Thin Glass. Pixel Fold disini sudah menggunakan engsel berbahan stainless steel, jaminan kuat tidak mudah aus.

Untuk jeroan nya sendiri Google fold ditanam chip Tensor G2 SoC yang dikombinasikan dengan RAM LPDDR5 12 GB dan penyimpanan UFS 3.1 256 atau 512 GB.

Untuk sektor kamera, Pixel Fold punya memakai kamera utama 48MP sudah di lengkapi OIS, selain itu juga terdapat kamera ultra-wide 10,8MP dan kamera telefoto 10,8MP dengan 5x optical zoom. Google juga mebenamkan berbagai fitur fotografi seperti Real Tone, Night Sight, dan Portrait bersama dengan mode pro-level dari Pixel 7 Pro, seperti video HDR 10-bit.

Lanjut pada bagian layar luar juga terdapat sebuah kamera 9,5 MP, dan layar dalam memiliki kamera 8 MP. Google juga menyematkan sensor fingerprint di tombol power, speaker stereo, dan Google fold ini menggunakan baterai kapasitas 4.821 mAh yang mendukung quickcharge 30W.

Pixel Fold

Dengan fitur Android 14, nantinya Pixel Fold akan memiliki fitur penggunaan layar luar dalam secara bersamaan. Untuk ketersedian varian warna Google Fold Hadir dalam pilihan dua warna saja yaitu Porselen dan Obsidian. Untuk banderol harga Pixel Fold disini ternyata cukup tinggi yaitu USD 1.799 (Rp 26,4Jt-an).

Pixel Tablet

Yang terakhir kita bahas Pixel Tablet, Bisa di bilang ini merupakan seri debut tablet di generasi Pixel, karena dahulu Google pernah merilis tab juga tapi saat masih menggunakan nama Nexus. Seri Google Pixel Tablet ini memiliki layar WQXGA 10,95 inch dan dilengkapi docking speaker pengisi daya yang menjanjikan peningkatan audio. Tablet ini memiliki quad speaker dan lapisan keramik nano.
Pixel Tablet

Docking menggunakan sistem magnet sehingga mudah dan praktis untuk melakukan lepas pasang Pixel Tablet dengan dock nya.

Jeroan Google pixel Tablet ini juga dibenamkan chip yang sama yaitu Tensor G2, dan pada bagian kamera depan dan belakang menggunakan resolusi 8MP. Tablet ini juga terdapat sensor fingerprint yang di tanam di tombol power. Banderol harga dari Pixel Tablet ini cukup terjangkau yaitu USD 499 (Rp 7.3Jt-an) sama seperti Pixel 7a.

All new Pixel

Bagaimana tertarik? Sudah ada rencana membeli salah satu nya? Next beberapa hari nanti kami akan memberikan review lengkap nya di Hexatekno.com

Comments