Intro

Sebagian besar dari kita hanya membeli GPU untuk digunakan gaming, content creation, browsing, cari uang (mining jualan), cari jodoh hiburan/entertainment, sekedar pamer/pansos dan masih banyak lagi. Namun tidak sedikit pula yang menggunakannya untuk tujuan belajar (study) dan penelitian (research) salah satunya digunakan untuk Deep Learning.

Dukungan hardware terutama GPU untuk digunakan deep learning sering kita dengar dari kubu hijau. Misalkan dengan adanya dukungan melalui Library seperti adanya CUDNN (NVIDIA CUDA® Deep Neural Network library) maupun dukungan hardware seperti mendesain dan merilis GPU dengan Tensor Cores. Namun, bagaimana dengan kubu merah?

Kubu merah nampaknya tidak mau ketinggalan, dengan adanya ROCm. Apa itu ROCm? ROCm atau Radeon Open Compute disebutkan merupakan platform open-source untuk GPU computing atau komputasi menggunakan GPU, semacam saingan CUDA Toolkit dari Nvidia yang dirilis sebagai bagian dari Radeon Instinct pada 2016 yang lalu.

ROCm release

AMD, sebuah brand yang memiliki kedekatan dengan terms/istilah mining sebenarnya memiliki kemampuan dalam machine learning juga, terutama kemampuan Deep Learning yang dibahas pada artikel ini.

Comments